PENDIDIKAN PROFESI GURU

21 Oktober 2009

Ada perubahan penetapan sertifikasi guru dari penilaian portofolio menjadi pendidikan profesi. Namun apakah hal itu akan memberikan sumbangan yang signifikan terhadap kinerja guru? Aku belum tahu, karena semuanya masih meraba-raba. Apalagi jika pola pengembangan profesionalisme guru berpijak pada pendidikan barat. Padahal karakter bangsa ini sangat berbeda dengan bangsa negeri seberang. Bangsa ini kalau bekerja masih perlu diawasi. Tanpa pengawasan bisa berabe! Fakta berbicara, sudah diawasi, ya masih korup.

Sosok guru yang mampu mengemban tugas yang profesional sebenarnya sudah diberikan moto oleh Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara, ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Untuk dapat melaksanakan fungsi pertama, berarti guru haruslah berkepribadian yang utuh dengan kemampuan akademik dan profesional yang andal. Untuk dapat melaksanakan fungsi kedua dibutuhkan guru yang memahami dan menyayangi peserta didik. Sedangkan untuk dapat melaksanakan fungsi yang ketiga, guru harus terus menerus memantau proses belajar peserta didik dan mendorong semangat belajar peserta didiknya. Akan tetapi sejauh ini moto tersebut seakan tidak bermakna karena tidak adanya pelaksanaan di lapangan.

Dulu ada anggapan bahwa guru yang berkualitas adalah yang menempuh pendidikan Akta IV. Namun setelah diuji sekian puluh tahun, apa hasilnya? Menurutku salah satu penyebabnya adalah mewabahnya pendidikan Akta IV. Akan tetapi aspek kendali mutu (quality controll), tidak dilakukan dengan baik. Lalu bagaimana dengan pendidikan profesi? Apakah tidak setali tiga uang dengan pendidikan Akta IV? Ah, kita tunggu sajalah!

& Komentar | GURU, OPINI, PENDIDIKAN, PROFESI | Permalink
Ditulis oleh mazdarwan66

Satu pemikiran pada “PENDIDIKAN PROFESI GURU

  1. tut wuri handayanii itu sebenarnya tati handayani pak hehe
    !!!!!!!!!!111111

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s