PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Pendekatan pembelajaran kontekstual, merupakan  salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran fisika.

Menurut Suryanto (2002: 20 – 21) pembelajaran kontekstual adalah:

Pembelajaran yang menggunakan bermacam-macam masalah kontektual sebagai titik awal, sedemikian sehingga siswa belajar dengan menggunakan pengetahuan dan kemampuannya untuk memecahkan berbagai masalah, baik masalah nyata maupun masalah simulasi, baik masalah yang berkaitan dengan pelajaran lain di sekolah, situasi sekolah, maupun masalah di luar sekolah, termasuk masalah-masalah di tempat-tempat kerja yang relevan.

Johnson (2002: 25) mendefinisikan pendekatan CTL sebagai berikut:

the CTL system is an educational process that aims to help students see meaning in the academic material they are studying by connecting academic subjects with the context of their daily lives, that is, with the context of their personal social, and cultural circumstances.

Baca selengkapnya…………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s